Provenance

 

 

Bagi kolektor, asal usul barang-barang yang dikoleksi adalah salah satu hal yang paling perlu diketahui, hal ini mencakup umur, lokasi dan pemilik awal barang tersebut.

 

Khusus untuk tosan aji nusantara, sangat disayangkan kurangnya kebiasaan para empu jaman dahulu untuk membuat penandaan yang jelas bagi hasil karya mereka ( sebagaimana yg sering dilakukan oleh empu jepang pada nihonto atau empu barat pada bilah pedang medieval , dsb. )

 

Oleh kolektor barat, asal usul koleksi dikenal sebagai provenance.

Dengan adanya provenance , nilai suatu barang koleksi dapat mencapai puluhan kali lipat dibandingkan yang tidak memilikinya.  Data  provenance ini harus melekat pada suatu barang koleksi agar dapat menjadi data pembelajaran oleh generasi mendatang. Provenance biasanya dibandingkan dengan literatur yang tersedia dan keabsahannya akan diuji oleh waktu, sebagaimana pengetahuan manusia akan terus berkembang.

 

Piso podang pada gambar diatas (click gambar untuk detail),  memiliki bilah buatan Solingen, Jerman pada 17C, hal ini berdasarkan pada penandaan Orb Mark  yang tertera pada bilah  , dimana penandaan tersebut sesuai dengan litelatur dibawah :

Geschichte der Solinger Klingenindustrie by Rudolf Cronau, Kröner, 1885

Armourers Marks by Dudley S Hawtrey Gyngell , Pg. 30

Kemudian dari sisi sejarah, tercatat Cornelius de Houtman ( 1565 - 1599 ) mendarat di Banten pada 1596 dan dikenal sebagai orang yang menemukan rute baru dari eropa ke nusantara. Ekspedisi perdagangan berlangsung secara instens selama abad 17 ( termasuk pendirian VOC pada 1602 ). Bilah eropa merupakan alat tukar yang dibarter dengan rempah dan sering juga ditemui bilah VOC pada tosan aji nusantara. 

 

Fakta sejarah diatas cocok dengan waktu penandaan pada bilah, jadi secara umum pada provenance, akan ditulis bilah Solingen 17C.  Pada provenance piso podang diatas , saya akan menambahkan data saat saya memperoleh podang tersebut dan dengan bangga saya akan menulis :

 

Provenance :

1. Piso Podang Lurus

2. Batak tribe, North Sumatra - Indonesia 

3. Solingen blade 17C, orb mark

4. Medan, 2008

 

Bagaimana dengan anda, sudahkan anda menuliskan data provenance koleksi anda ?

 

Salam Budaya,

www.PisoPodang.com

GALLERI 

 

 

Kunjungi galleri kami untuk melihat koleksi kami beserta tosan aji yang sedang kami tawarkan.

KOLEKSI & INVESTASI

 

 

​Salah satu cara melestarikan Tosan Aji Nusantara adalah dengan berinvestasi pada koleksi yang tepat. 

MEDIA SOSIAL

Facebook


​
Twitter

 

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon

All Rights Reserved © 2016 by PisoPodang.com